Selasa, 14 Mei 2013

Hyouka - You Can't Escape (Translasi kasar)


Sementara menyimpan terjemahan kasar dari novel Hyouka. Akan di update ketika waktunya sudah luang. :)))
Well, sebenarnya sudah ada terjemahan bahasa Indonesia di baka-tsuki, tapi entah kenapa aku pingin mencoba kemampuan saya sendiri. Jika ada yang perlu dikoreksi, silahkan. Karena ini memang bertujuan sebagai tempat berlatih menerjemahkan. :)

Disclaimer : This translation is just for practicing purpose. No copyright infringement intended. Buy the original novel if there's available at your store. :;)




Chapter 1


Surat dari Benares

Kepada Oreki Houtarou

Sekarang aku tinggal di Benares. Dalam bahasa Jepang ditulis benares, tapi entah kenapa di sini disebut dengan nama Varanashi.
Houtarou, kota disini sangat sepi, atau bisa disebut juga sebagai kota untuk pemakaman. Dengan kata lain, mereka sering mengadakan upacara pemakaman di kota ini. Katanya kalau mati di sini mereka dapat pergi ke surga. Atau bukan ya? Ah iya, katanya di sana mereka bisa lepas dari samsara, berarti sama dengan menjadi orang suci sesudah mati. Di Cina kalau mau lepas dari samsara, kita perlu mempelajari tentang kekekalan tapi kalau disini mati saja sudah cukup. Kisah dari Cina memang menyedihkan.

Mungkin agak terlambat tapi selamat sudah masuk SMA. Pada akhirnya kamu masuk SMA Kamiyama bukan? Pilihan yang tidak menarik tapi selamat ya. Nah, karena kamu berhasil masuk SMA, sebagai kakak akan kuberi saran.

Masuklah ke klub Klasik.

Klub Klasik merupakan klub literatur yang telah memiliki tradisi sejak lama di SMA Kamiyama. Mungkin kamu belum tahu tapi aku adalah anggota dari klub itu. Berdasarkan kisah yang kudengar, klub kami yang memiliki tradisi tersebut, selama 3 tahun berturut-turut anggota yang baru masuk semakin berkurang dan saat ini tidak memiliki anggota klub. Jika tahun ini tidak ada anggota yang masuk, otomatis klub ini akan dibubarkan. Sebagai mantan anggota klub, aku tidak bisa membiarkan hal itu.

Tetapi, bila dalam bulan April ada anggota yang masuk itu lain cerita. Karena itu...Houtarou, lindungilah klub sastra klasik tempat kakak menghabiskan masa muda tersebut. Untuk sementara cantumkan namamu saja tidak apa-apa.

Terlebih lagi, klub klasik bukan klub yang buruk kok, terutama pada musim gugur.

Lagipula, kamu tidak ada kegiatan yang ingin dilakukan bukan?

Jika kakak sudah sampai di New Delhi, kakak akan meneleponmu kembali.

Salam sayang,

Oreki Tomoe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar